7 Masjid Unik Di Korea Selatan yang Wajib Dikunjungi

7 Masjid Unik Di Korea Selatan yang Wajib Dikunjungi

Korea Selatan identik dengan drama romantis dan juga musik K-pop yang kini telah mendunia. Berkat semakin terkenalnya drama Korea dan juga musik pop khasnya, banyak hal lain yang berbau Korea menjadi perhatian publik. Selain budaya, lokasi wisata, dan bahasanya, Korea juga sempat menjadi perhatian dalam hal agama. Salah satunya adalah agama islam di Korea yang akhir-akhir ini menjadi sorotan.

Hal ini semakin menjadi pusat perhatian setelah beberapa mu’alaf dari Korea yang menjadi selebgram terkenal di Indonesia. Keputusan menjadi muslim seutuhnya di tengah budaya dan agama lain menjadikan Islam dan muslim di Korea menjadi sorotan. Selain itu, bagi Anda yang beragama Islam dan ingin berkunjung ke Korea, ada baiknya untuk mengetahui lokasi dan nama masjid yang ada di sana. Tentu saja hal ini akan memudahkan Anda untuk beribadah saat sedang berlibur di Korea Selatan.

Berdasarkan banyak laporan dan berita, saat ini agama Islam di Korea tengah berkembang pesat. Salah satunya ditunjukkan dengan banyaknya masjid yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan umat muslim di Korea yang semakin lama semakin banyak. Tak hanya untuk beribadah, masjid di Korea Selatan banyak menjadi sorotan karena didesain dengan gaya khas Negeri Gingseng tersebut. Untuk itu, selain unik dan sangat menarik untuk dikunjungi, masjid di Korea Selatan juga tak kehilangan fungsinya sebagai tempat ibadah dan sekaligus lokasi berdakwah bagi umat muslim di sana.

Agar lebih jelas dan lebih mengenal masjid-masjid di Korea, berikut ini ulasan beberapa masjid yang sangat terkenal di Korea Selatan.

1.Masjid Central Seoul

Masjid Central Seoul

Masjid ini merupakan masjid pertama yang dibangun di Korea Selatan. Masjid yang diberi nama Masjid Central Seoul ini dibangun di daerah Itaewon, Seoul, Ibukota Korea Selatan. Masjid ini mulai dioperasikan untuk tempat ibadah sejak tahun 1976 silam. Mengingat jumlah muslim di Negeri Gingseng tersebut masih sangat sedikit, masjid ini merupakan masjid satu-satunya yang dibangun di ibu kota Korea Selatan.

Selain difungsikan sebagai tempat ibadah, Masjid Central atau Masjid Pusat ini juga dimanfaatkan sebagai lokasi wisata oleh warga setempat. Keindahan arsitektur banguanannya menjadikan masjid tersebut menarik dan unik untuk dikunjungi. Masjid Central akan sangat ramai saat akhir pekan. Banyak pengunjung yang dating untuk pengajian, diskusi tentang Islam, atau sekedar untuk berlibur.

Masjid ini disertai dengan ruangan lain yang difungsikan bukan untuk beribadah. Ada beberapa ruangan untuk kantor, rapat, belajar, pengajian dan juga untuk konferensi. Tak hanya itu saja, ada pula ruangan yang dibangun khusus untuk menginap bagi pekerja asing.

2.Masjid Busan

Masjid Busan

Sesuai dengan namanya, Masjid Busan dibangun di Busan, Korea Selatan. Lebih tepatnya, Anda bisa menemukan masjid ini di Namsang-dong, Geumjaneong-gu, Busan, Korea Selatan. Masjid Busan hanya selisih empat tahun dari pembangunan Masjid Central. Ada dukungan dari Libya Ali Fellaq, yakni mantan menteri Keuangan Korea Selatan di balik pembangunan Masjid Busan ini.

Bagi pengunjung atau wisatawan yang datang, imam masjid akan dengan senang hati menceritakan banyak hal. Diantaranya adalah ilmu tentang agama islam dan juga sejarah perkembangan islam di Korea Selatan. Tak hanya beribadah dan berwisata, pengunjung Masjid Busan juga dapat menggunakan fasilitas perpustakaan yang ada di sana. Bahkan, pengunjung diperbolehkan meminjam buku atau materi audio yang ada di perpustakaan Masjid Busan tersebut.

3.Masjid Gwangju

Masjid Gwangju

Masjid Gwangju terletak di sekitar Seongnam, Icheon, Namyangju, Korea Selatan. Masjid ini Secara resmi dibuka pada tahun 1981. Tak hanya dari Korea Selatan atau muslim di sekitar masjid, jamaah masjid Gwangju berasal dari banyak negara. Misalnya dari Pakistan, Mesir, Aljazair, Bangladesh, Srilanka, dan Indonesia. Organisasi yang membangun masjid ini adalah Korea Muslim Federation (KMF). Hingga saat ini, pemeliharaan Masjid Gwangju juga dilakukan oleh organisasi tersebut. Organisasi KMF adalah salah satu wadah yang dapat digunakan oleh muslim di Korea Selatan untuk memperjuangkan kepentingan mereka dalam beribadah.

4.Masjid Jeonju

Masjid Jeonju

Masjid ini dibangun di ibukota provinsi Jeolla Utara, Jeonju, Korea Selatan. Berkat prakarsa Dr. Abdul Wahab Zahid, imam besar Korea Selatan, masjid ini dapat diselesaikan pembangunannya pada tahun 1985 lalu. Masjid ini secara khusus diberi nama Masjid Abu Bakar Al Siddiq lantaran kecintaan Dr. Abdul Wahab Zahid terhadap shahabiyah.

Masjid ini begitu indah karena didesain dengan memadukan seni Islam dengan seni bangunan di Korea Selatan. Pada bagian atas, terdapat kubah khas yang biasa terdapat di masjid pada umumnya, sedangkan pada bagian atap didesain dengan khas bangunan Korea Selatan. Masjid Jeonju merupakan masjid keempat di Korea Selatan. Masjid ini digunakan oleh kurang lebih 400 umat muslim yang tinggal di sekitar Jeonju. Kemungkinan besar, jumlah jamaahnya akan terus berkambang seiring dengan bertambahnya tahun.

5.Masjid Ansan

Masjid Ansan

Masjid ini bernama asli Masjid Sirothol Mustaqim dan berlokasi di 741-5 Wongok-dong, Danwon-gu, Ansan-si, provinsi Gyeonggi, Korea Selatan. Karena lokasinya di Ansan, masjid ini sering disebut dengan nama Masjid Ansan.  Masjid tersebut termasuk masjid di Korea Selatan yang masih tergolong baru. Pasalnya, pembangunan masjid ini baru dilakukan pada tahun tahun 2007. Salah satu orang di balik pembangunan masjid ini adalah Imron Rosyadi, yakni selaku pegiat Korea Migrant Humanrights Centre. Namun, penggerak utama pembangunan Masjid Ansan Adjat Sudrajat yang merupakan buruh migran asal Brebes. Pembangunan Masjid Ansan juga mendapat dukungan penuh dari Indonesian Community in Corea (ICC) dan Komunitas Muslim Indonesia (KMI).

6.Masjid Anyang

Masjid Anyang

Masjid Anyang dibangun di 618-132, Anyang 5-dong, Anyang-si, Gyeonggi-do. Dengan demikian, lokasinya tidak jauh dari Seoul yang merupakan Ibukota Korea Selatan. Sebagian besar, jamaah masjid ini adalah imigran Korea Selatan sebagaimana jamaah di Masjid Ansan. Anda akan banyak menjumpai imigra dari Bangladesh dan Pakistan jika beribadah di masjid ini.

7.Masjid Bupyeong

Masjid Bupyeong

Masjid Bupyeong berlokasi di antara Seoul dan Incheon. Lebih tepatnya, masjid ini terletak di bagian ujung timur dari Incheon. Jamaah yang paling banyak menggunakan masjid ini sebagai tempat ibadah ialah umat muslim yang bekerja di sekitar Kompleks Industri Namdong di Incheon. Jika diamati lebih lanjut, sangat sedikit orang muslim asli Korea yang beribadah di masjid ini. Sebagian besar jamaahnya adalah penduduk imigran. Anda dapat menemukan masjid ini di di 574-19, Sipjeong-dong, Bupyeong-gu, Incheon, Korea Selatan.

Itulah tujuh Masjid di Korea Selatan yang mungkin dapat Anda jadikan referensi untuk dikunjungi saat Anda dan keluarga berlibur ke Negeri Gingseng. Selain mengunjungi lokasi wisata terkenal dan bekas lokasi syuting drama Korea, berlibur ke masjid-masjid yang ada di Korea Selatan tentu saja menjadi pengalaman unik baru bagi Anda. Selamat berlibur dan semoga liburan Anda menyenangkan.

 

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *