Masjid Taman Surga Hamidiye Kırşehir Turki

Banyak sekali masjid yang ada di Turki yang menarik perhatian dunia. Salah satunya ialah masjid Taman Surga Hamidiye Kırşehir Turki. Keunikan interior masjid ini memang tidak ada duanya. Pasalnya masjid ini memiliki interior yang menyerupai sebuah taman. Suasana didalam masjid ini seperti pada alam terbuka yang didalamnya ada pepohonan sangat tinggi serta hamparan rumput hijau. Ditambah lagi dengan hiasan langit biru yang sangat indah disertai awan putih. Suasana tersebut sangat mirip dengan aslinya.

Pada mulanya masjid ini berukuran sangat kecil. Sehingga tidak bisa menampung lebih banyak jamaah yang datang. Namun sekarang, masjid ini berubah sangat megah dan besar. Sehingga berapapun jamaah yang akan hadir didalam masjid ini, pasti akan mampu memuat seluruh jamaah didalamnya.

Bahkan didalam masjid ini telah didesain dengan bebagai pepohonan tinggi serta air terjun yang akan senantiasa menghiasi interior masjid ini. Hiasan hiasan ini telah terinpirasi dari potongan Ayat 22 Surah Al Baqarah.

Masjid Hamidiye Camii, bisa anda tempuh selama 2 jam dari Ankara dengan menggunakan mobil. Masjid ini sekarang juga populer karena keunikan konsep interior yang didalamnya berupa keindahan alam.

Meskipun bangunan masjid ini sangat baru, namun ternyata masjid ini termasuk masjid bersejarah yang merupakan peninggalan masa kekhalifahan Utsmani. Yang dibangun dengan perintah sang Sultan Abdulhamid II bertepatan pada tahun 1905.

Pada saat itu bangunan masjid ini sangat kecil sehingga kurang bisa menampung jamaah yang hadir. Namun seiring berkembangnya jaman, masjid ini akhirnya dipugar dan dibangun menjadi masjid yang sangat megah.

Pada eksterior masjid ini juga terdapat hiasan kaligrafi nama Allah yang sangat besar terpasang pada bagian dinding luarnya. Sedangkan bagian dalam masjid ini juga diberi sentuhan artistic seorang pelukis Azerbaijan sehingga membawa para jamaahnya berada di padang rumput yang sangat luas dengan hiasan lain yang sangat menakjubkan.

Pada setiap dinding masjid bagian dalam ada lukisan pohon 3 dimensi yang latar belakangnya berupa lukisan awan sangat indah. Sementara untuk lukisan air terjunnya bisa anda jumpai pada tempat imamnya atau dibagian mihrab masjid ini. Sementara untuk hiasan lampu gantung yang ada di bawah kubah masjid yang pada umumnya menggunakan bahan Kristal, berbeda dengan masjid ini. Karena hiasan Kristal telah diganti oleh rancangan konsep yang lebih alami yakni dengan hiasan dedaunan kering.

Terdapat dua pilar masjid yang diletakkan didepan bagian kanan sebagai mimbar. Untuk bangunannya seperti pondok kayu menempel pada sebatang pohon besar. Sementara untuk pilar masjid bagian kiri telah dibangun sebuah tempat yang sama, akan tetapi dengan ukuran yang lebih kecil untuk muazin yang sedang mengumandangkan azan maupun iqomah.

Pada lantai masjid ini telah dilapisi oleh karpet yang bentuknya menyerupai hamparan rumput yang sesungguhnya, ini juga menyerupai sebuah rumput sintetis sangat lembut. Dinding bagian dalam masjid juga telah dilukis pemandangan indah bentang alam serta pepohonan tinggi menjulang. Bagian ruangannya telah dikelilingi oleh pagar yang terbuat dari kayu dengan tinggi sampai lutut layaknya pagar taman yang sesungguhnya.

Sementara bangunan kubah masjid ini ialah sebuah kubah yang berbentuk irisan bawang yang diberi cat warna putih yang menyesuaikan dengan warna masjidnya. Kubah besar masjid ini seperti kubah beton yang banyak dijumapi di masjid masjid tanah air. Mungkin jika anda lihat dari bangunan masjid bagian luarnya, akan terlihat sebuah masjid yang sederhana namun beda setelah anda memasuki masjid ini yang membuat siapa saja kagum dengan interior yang di rancangnya. Mungkin keindahan interior masjid ini tidak anda jumpai pada masjid masjid yang ada di tanah air.

Pencarian populer :

  • masjid senepelan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *